Instalasi Linux Fedora 12

Posted: Januari 5, 2013 in Sistem Operasi

Dengan Metode instalasi berbasis grafis, instalasi linux fedora 12 dapat di lakukan dengan mudah. Hampir sama mudahnyadengan proses instalasi sistem operasi lain seperti windows, terutama jika sumber instalasi berupa DVD.
Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan tahap-tahap instalasi fedora 12, mulai dari tahapan persiapan hard disk, kebutuhan partisi, dan proses instalasi fedora 12. Selain dapat melakukan proses instalasi dengan menggunakan media DVD, Fedora 12 juga dapat diinstalasikan melalui penggunaan file ISO(DVD images) yang terdapat di harddisk.

1.1 Persiapan Instalasi
Langkah pertama sebelum anda menginstal Linux adalah mencatat semua informasi yang berhubungan dengan komputer anda. Catatan Anda harus berisi berbagai macam info seperti ukuran harddisk dan ruang kosong yang masih tersedia termsuk partisi-partisinya, ukuran RAM, jenis prosesor, spesifikasi kartu VGA, konfigurasi jaringan dinamis atau statis (alamat IP komputer, alamat IP gateway/router, alamat IP server DNS), dan sebagainya.
Proses Instalasi Fedora 12 membutuhkan setidaknya kapasitas harddisk sebesar 10 GB. Untuk partisi yang di butuhkan untuik instalasi, nantinya kapasitas harddisk yang disediakan untuk instalasi fedora 12 akan di partisi menjadi dua. Satu partisi untuk partisi sistem(dikaitkan dengan mount point /) dan satu partisi lagi untuk partisi swap(virtual memory).
Untuk dapat menjalankan Fedora 12 dengan antar muka grafik yang berat seperti GNOME atau KDE, anda membutuhkan PC sekelas pentium IV yang sudah di lengkapi dengan RAM minimal 512 MB. Pastikan juga anda telah memiliki drive DVD-ROM untuk mempermudah proses instalasi Fedora 12 dengan menggunakan media CD/DVD-ROM.

1.2 Kebutuhan Partisi
Proses instalasi fedora 12 membutuhkan setidaknya 2 buah partisi untuk dapat terinstalasi dengan baik. Karena tidak semua pembaca blog ini dapat diasumsikan menggunakan hard disk kosong, maka pastikan Anda membaca pilihan pembuatan partisi hard disk sebagai berikut.
Pertama,jika anda sudah menggunakan semua ruang hard disk untuk sistem operasi lain, misalnya windows atau distro Linux yang lain, dan masih tersisa cukup ruang hard disk, maka anda dapat memotong partisi tersebut dengan software partisi freeware di windows seperti EASEUS partision Master Home edition (www.partition-tool.com). untuk partisi windows, pastikan anda sudah melakukan defragmentasi terhadap partisi yang digunakan oleh sistem operasi Windows.
Kedua, jika Anda ingin menghapus partisi yang digunakan oleh Windows(tidak ada data penting yang belum dibackup)dan ingin menggantinya menjadi partisi linux yang akan digunakan untuk instalasi Fedora 12, maka anda dapat langsung melangkah ke proses instalasi.
Ketiga, jika harddisk masih kosong atau sudah tersedia partisi kosong, pembuatan partisi linux dapat dilakukan pada saat instalasi secara otomatis.

Perhatian : Jangan Lupa untuk melakukan proses backup data sebelum mencoba proses instalasi yang akan dijelaskan dalam blog ini.keasalahan melakukan proses instalasi, dapat mengakibatkan kerugian baik material maupun non-material, maka tidak ada orang yang dapat Anda tuntut, untuk itu jangan lupa melakukan backup data Anda!

1.3 Instalasi Linux Fedora

Anda dapat melihat dan mendownload video tutorial pada link di bawah ini.
Instalasi Linux Fedora 12

Anda juga dapat mendownload tutorial instalasai Linux Fedora 12.pdf pada link di bawah ini.
Instalasi Linux Fedora 12

selamat mencoba bung.. Semoga bermanfaat.

by. Syabdan Dalimunthe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s